Rabu, 26 Februari 2014

Cara Membuat Blog Sendiri Di Blogspot

tampilan awal blogspot untuk memulai membuat blog anda
Cara membuat blog sendiri di blogspot sangatlah mudah. Bagi teman-teman yang baru pertama kali ingin mencoba dunia blogging maka blogspot adalah pilihan yang cukup mudah untuk memulainya. Saya akan memberikan panduan singkat cara membuat blog di platform yang sudah sangat terkenal ini.

Tahapan Membuat Blog Di Blogspot

  • Sekarang anda silahkan membuka http://www.blogger.com
  • Jika sudah lakukan login dengan menggunakan akun Google anda (masukkan username dan password).
  • Jika anda sudah berada di halaman beranda blogger, anda akan melihat tombol BLOG BARU. Klik tombol tersebut untuk membuat blog anda sendiri.
tombol buat blog baru untuk memulai
  • Setelah anda menekan tombol itu akan muncul pop up formulir untuk membuat blog baru anda. Masukkan Judul Blog, Nama Sub Domain yang anda inginkan, dan pilih template awal yang ingin anda gunakan dalam pembuatan blog baru anda ini. Jika sudah selesai klik tombol BUAT BLOG
layar formulir pembuatan blog baru
  • Sekarang blog anda sudah selesai dibuat. Yang perlu anda lakukan sekarang hanyalah mengisi dan menata blog yang baru selesai anda buat ini dan untuk itu perhatikan 2 kotak merah di bawah ini (di samping judul blog baru anda)
blog anda sudah selesai dibuat
Tombol yang berwarna orange dengan gambar pensil itu adalah tombol untuk membuka editor artikel jika anda mau mengetik artikel baru. Bahasa gaulnya posting artikel. Sedangkan panah kecil di kotak merah lainnya adalah tombol untuk membuka semua menu blog baru anda
Saya tidak akan membahas tombol posting karena ini sangat mudah. Jadi berikut ini saya hanya mau membahas settingan awal yang perlu anda lakukan pada blog baru ini.

Mengatur Tampilan Blog Baru Anda

Setelah membuat sendiri blog baru anda, maka saatnya untuk melakukan penyesuaian sedikit biar blog anda tidak terlihat polos atau terlalu sederhana.

Mencari Template Blog Alternatif

Jika anda merasa template blog yang baru saja anda buat ini terlihat membosankan, maka anda bisa mencari template penggantinya. Ada banyak sekali situs yang menyediakan template blog alternatif untuk anda. Salah satunya adalah http://btemplates.com.
Situs ini menyediakan banyak sekali pilihan template blog. Anda bisa memfilter template ini berdasarkan Jumlah Kolom, Gaya, Warna, dan Posisi Sidebar. Jika anda menemukan template yang anda sukai maka anda bisa mengklik DEMO untuk melihat contoh template yang sudah terpasang. Atau langsung klik download untuk mengunduh template itu ke komputer anda.
tampilan homepage dari btemplates
Untuk mendownload anda cukup mengklik link download. Anda akan diantarkan dulu ke halaman detail template, dan pada halaman itu anda klik sekali lagi link downloadnya. Template yang anda download akan dalam format ZIP. Jadi untuk menggunakannya harus anda unzip terlebih dahulu.

Memasang Template Baru Pada Blog Yang Dibuat

Sekarang kembali ke akun blogger anda dan klik panah kecil tadi yang ada di samping tombol pensil berwarna orange. Anda akan melihat beberapa pilihan menu tapi yang perlu anda klik adalah link menu TEMPLATE.
dropdown menu untuk mengubah template
Anda akan membuka halaman TEMPLATE dan silahkan cari tombol CADANGKAN / PULIHKAN. Klik tombol tersebut dan klik tombol BROWSE. Anda harus mencari file type XML dari folder yang sudah anda unzip tadi. Pilih file tersebut dan klik UNGGAH.

Jika upload anda berhasil, maka template blog anda sudah akan berganti. Mudah-mudahan anda suka dengan tampilan baru dari blog anda. Jika tidak ulangi prosesnya dengan mendownload dari btemplates atau dari situs penyedia template lainnya.

Melakukan Setelan Dasar SEO pada Blog Yang Dibuat

Pada saat anda membuat Blog dan ingin blog anda muncul di halaman pencarian Google, maka anda perlu melakukan SEO. Proses SEO yang paling standar adalah memastikan title tag dan meta description anda sudah terpasang dengan benar. Jika anda tidak tahu caranya, maka silahkan membaca artikel di bawah ini.
perubahan menuju hal-hal yang positiv

Tidak ada komentar:

perubahan menuju hal-hal yang positiv  https://youtu.be/duGy3x0Zsx0